5 Trik Supaya Anak Mau Makan Sayur dengan Mudah

Trik Supaya Anak Mau Makan Sayur dengan Mudah

Sayur memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai pertumbuhan penting. Seringnya sayur menjadi makanan yang menakutkan bagi anak-anak. Anda perlu belajar parenting yang tepat untuk bisa melakukan trik agar anak mau makan sayur dengan mudah.

  1. Jadikan Pendamping ASI

Rasa suka pada sayur bisa Anda mulai sejak dini ketika anak pertama kali diberikan makanan pendamping ASI. Ini menjadi langkah yang tepat untuk membuat anak menyukai citarasa yang ada pada sayur dengan lebih mudah. Berikan perubahan tekstur secara bertahap sehingga anak dapat mengenal jenis sayur yang diberikan dan sesuaikan dengan usia anak Anda.

  1. Membuat Camilan

Tips selanjutnya dengan menjadikan sayuran sebagai camilan. Makanan camilan akan membuat anak lebih mudah untuk mau mencobanya. Anda bisa memulai dari membuat salad yang dikombinasikan dengan buah. Letakkan hidangan camilan ini secara rutin di meja makan atau saat jam makan anak Anda.

  1. Berikan Contoh

Langkah yang selalu ada dalam tahap belajar parenting untuk anak adalah memberikan contoh. Anda bisa membuat anak menyukai sayur dengan memberikan contoh secara langsung. Langkah ini akan menanamkan pada anak bahwa sayur adalah makanan yang penting dan disukai oleh orang tuanya.

Anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya secara bertahap. Tunjukkan dengan baik dan jangan terkesan dibuat-buat bahwa Anda menyukai sayuran. Anak akan secara perlahan percaya dan akhirnya mau mencoba untuk memakan sayuran.

  1. Kreativitas Masakan

Penting untuk Anda bisa membuat kreativitas dalam memasak sayur sehingga membuat menu-menu yang bergantian setiap harinya. Langkah ini akan menciptakan rasa penasaran pada anak hingga mau mencobanya dan lama-lama akan terbiasa mengonsumsi sayur. Biasanya sup merupakan menu yang kerap disukai oleh anak-anak.

Anda bisa mengombinasikannya dengan ayam atau makanan lain dalam memasaknya. Ketika menghidangkannya untuk anak lakukan secara terbuka agar sayur tersebut kelihatan. Jangan menyembunyikan sayur sehingga membuat anak merasa sayur adalah makanan yang tidak enak. Lakukan kreativitas setiap harinya untuk membuat anak bisa menyukai sayur.

  1. Ajak Anak Memasak

Ajak anak memasak ini bukan berarti mengajarinya memasak. Ketika anak ikut Anda di dapur, maka itu menjadi kesempatan yang tepat untuk mengenalkan sayur-sayuran padanya. Anda akan lebih mudah untuk menjelaskan manfaat sayur bagi kesehatan dan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Lakukan langkah ini setiap kali diperlukan untuk membuat anak paham tentang sayur.

Seperti apa karakter anak yang ingin dimiliki merupakan bagian dari cara Anda membentuknya dengan baik. Maka dari itu penting untuk belajar parenting anak dengan benar agar bisa menerapkannya. Hal ini akan sejalan dengan kebijaksanaan Anda dalam memenuhi semua kebutuhan anak yang akan menunjang pertumbuhan dan perkembangannya dengan baik.